Pengaruh Model Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah

Aceng Jaelani(1*), Khusnul Khotimah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Masalah utama proses pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) yaitu, masih rendahnya daya serap peserta didik. Masalah yang telah ditemukan yaitu pada hasil nilai rata-rata ulangan harian siswa kelas III pada mata pelajaran IPA rata-rata adalah 67 pada Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Guru sudah mencoba menggunakan metode kelompok, tetapi nilainya masih saja di bawah KKM. Hal ini juga tampak dari nilai rata- rata hasil belajar siswa yaitu hanya 67 sedangkan KKM yaitu 75.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh data tentang hasil belajar sebelum guru menggunakan model Picture and Picture MI An-Nur, untuk mengetahui hasil belajar siswa materi Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat setelah guru menggunakan model Picture and Picture di MI An-Nur dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada materi lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di kelas III MI An-Nur.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes, Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian pengaruh model Picture and Picture  terhadap hasil belajar termasuk dalam kategori cukup baik dengan 0,612% atau 61,2%. Sedangkan uji hipotesis diperoleh thitung (5,633) lebih besar dari ttabel (2.04227) pada taraf signifikan α = 0,05 . Karena thitunglebihbesar dari ttabel   maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh penerapan model Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di kelas III MI An-Nur Kota Cirebon.

 

Kata kunci  : Model Picture and Picture, Hasil Belajar IPA.

 

 

Abstract

The main problem in the learning process of formal education (schools), namely, the low absorption of learners. The problem that has been found that the results of the average value of daily test third-grade students in science subjects averaged 67 during the first semester Academic Year 2016/2017. Teachers already tried to use the group method, but its value is still below the KKM. It also appears from the average value of student learning outcomes is only 67 while the KKM is 75.

The aim of this study is to obtain data on learning outcomes before the teacher uses a model Picture and Picture MI An-Nur, to determine student learning outcomes Environmental material healthy and unhealthy environment after the teacher using the model Picture and Picture in MI An-Nur and to determine the effect of the application of the Picture and Picture on student learning outcomes in a healthy environment materials and environmentally unsound in class III MIAn-Nur.Data collection techniques in this study using the test, observation and documentation.

Data were analyzed using simple regresion test. With the effects of the model Picture and Picture  on learning outcomes included in the category quite well with 0.612% or 61.2%. While the hypothesis test obtained tarithmetic (5.633)is greater than ttable (2.04227) at significance level α = 0.05. Becauset isgreater than ttable    then Ha Haccepted ando rejected, it means that there is the effect of the application of the model Picture and Picture to the learning outcomes of students in science subjects and the healthy environmental material unhealthy environment in class III MI An-Nur Cirebon.

 

Keywords: Model Picture and Picture, Science Learning Outcomes.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H.E. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Nasehuddin, Toto S, & Gozali, Nanang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Sopiyani, S. 2014. Pengaruh ModelPembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD ) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Tersana Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Jurnal Al Ibtida (Vol.1 No 1) diakses pada Selasa 20 Juni 2017 pukul 20:30 WIB.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Usman, 2006. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksana.

Trianto, 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: 10.24235/ijee.v1i1.5417

Article Metrics

Abstract view : 46 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id