STUDI KOMPARASI MODEL PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) SANTRI DI PONDOK PESANTREN AN-NASHR (TARBIYATUL BANIN) CIREBON DENGAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN SIDOGIRI PASURUAN

RATNA PUSPITASARI(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengembangan Model Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) melalui kewirausahaan bagi santri di Pondok Pesantren An Nashr adalah pendidikan yangdiberikan bagi buruh/nelayan dan atau keluarga mereka yang tergolong kurangmampu dan miskin dalam konsep pengembangan keterampilan yang berbasis usahamandiri/ kelompok dalam meningkatkan nilai ekonomi keluarga dan tanpameninggalkan pekerjaan pokok mereka sebagai buruh/nelayan. Pendidikan ini ditujukan guna memberikan pengetahuan, keterampilan serta sikap mau berusaha bagi masyarakat pesantren beserta keluarganya yang berada pada daerah pesisir dan kepulauan dalam memperoleh hak yang sama di masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Wahid, Bunga Rampai Pesantren, t.tp. CV. Dharma Bhakti, t.t.

Amin, Haedari & Ishom El Saha, Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah, (Jakarta: Diva Pustaka, 2004.

Anwar, Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education): Konsep dan Aplikasi, Bandung : CV Alfabeta, 2004

Apps,Jaro W. 1979.Problem In Continuing Education. Universitas Winsconsin; Madison.

Astuti, Palupi P. 2009. Putus Sekolah Masih Menjadi Masalah. Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Basri, “Peran Kepemimpinan Kyai dalam Proses Pembelajaran dan Pembekalan Kecakapan Hidup Santri di Pondok Pesantren Salafi Al fadlu wal Fadhilah”, Tesis, Yogyakarta: PPs UIN Sunan kalijaga, 2006.

Bogdan, Robert dan Steven J. Taylor, Kualitatif Dasar-dasar Penelitian, terj. A. Khozin Affandi, Surabaya: Usaha Nasional, 1993. Ditjen.

PLSP 2003 .Pedoman Penyelensggaraan Program Kecakapan Hidup (life skill) Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta:Depdiknas.

Ditjen PLSP 2004.Pedoman Penyelenggaraan Program Kecakapan Hidup (life skill) Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta:bepdiknas.

Faisal, Sanapiah. 1990.Pendidikan Kualitatif Dasar-dasar dan Aplikasi.Malang:Yayasan Asih Anak Asuh. ISMKil SM, Nurul Huda dan Abdul Kholiq (eds), Dinamika Pesantren dan Madrasah, Yogyakarta: Kerjasama Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dengan Pustaka Pelajar, 2002.

Jamal D. Rahman et al. (eds.), Wacana Baru Fiqh Sosial 70 Tahun KH. Ali Yafie, Bandung: Mizan Bekerjasama dengan Bank Muamalat Indonesia, 1997.

Karni, Asrori S. Etos Studi Kaum Santri. Bandung: Mizan Pustaka, 2009.

Kuntowijoyo, 1993. Paradigma Islam Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan Lislie A. Public Policy Analysis : An Introduction (New York: Methuen, Tronto, 1988).

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya, 2002.

M. Dawam Rahardjo, ed., Pergulatan Dunia Pesantren Membangun Dari Bawah, Jakarta: P3M, 1985.

M. Ridwan Nasir, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren Di Tengah Arus Perubahan, ed. M. Adib Abdushomad, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

M. Sulton & M. Khoruddin, Manajemen Pondok Pesantren dalam Perspektif Global, Yogyakarta: LaksBang PRESSindo, 2006.

Marwan Saridjo, Sejarah Pesantren di Indonesia, Jakarta: Dharma Bhakti, 1982.

Marzuki Soleh 1993.Beberapa PIKIRAN Tentang Program Studi PLS sebagai Pertimbangan Pengambilan Kebijakan Makalah (tidak di publikasikan).bogor.

Moleong, Lexy J. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian tentang Unsur Nilai Sistem Pendidikan Pesantren (Jakarta: INIS, 1989).

Nurcholis Madjid, Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Proses Perjalanan, Jakarta: Paramadina, 1997.

Robert M. Gagbne. 1984.Kondisi Belajcir dan Teori Pembelajaran. Sonhaji Saleh, “ Pesantren dan Pembaharuan”, Santri. No. 06, Juni 1997

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alberta, 2006.

Tim Penyusun, Pedoman Pengelolaan Unit-unit Pendidikan se Yayasan Pondok Pesantren “Nahdlatuth-Thalabah” , YPPF, 2002.

Ridwan Nasir, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren Di Tengah Arus Perubahan, ed. M. Adib Abdushomad (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005).

Yasmadi, 2005. Modernisasi Pesantren. Kritik Nurcholis Madjid terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Quantum Teaching. Ya SMK di, Modernisasi Pesantren: Kritik Nurcholis Masjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

UU.RI. No. 20 Tahun .2003. Tentang Sister)? Pendidikan Nasional.Jakarta : Biro hukum dan organisasi Sekjen. Depdiknas http://www.menegpp.go.id. [1 September 2010] http://iu-rusliana.blogspot.com

Rusliana. Iu. 2009. Pesantren kekuatan ekonomi bangsa. . [17 September 2010] http://www.indonesia.go.id. [17 September 2010] . 2009. Angka Kemiskinan pada 2015 Turun Signifikan.http://dedenfaoz.wordpress.com. [25 Agustus 2010]. 2008. Kegiatan Agrobisnis Al-Ittifaq.




DOI: 10.24235/holistik.v14i2.451

Article Metrics

Abstract view : 652 times
PDF - 539 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


30

 

30

30