ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MAHASISWA JURUSAN PGMI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL INTELLIGENSI PADA MATA KULIAH MATEMATIKA 2

Widodo Winarso(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan tentang kemampuan pemecahan
masalah matematika melalui penerapan pembelajaran multipel
intellegensi. Artikl ini diangkat dari hasil riset untuk mengetahui
kecendrungan kecerdasan yang dimiliki dalam menganalisis
perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis multipel intelligensi. Obyek kajiannya adalah mahasiswa Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada mata kuliah matematika. Dengan metode kuantitatif, kajian ini setidaknya menemukan beberapa kesimpulan, (1) kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan pembelajaran berbasis multipel intellegensi tergolong cukup baik dengan besar pencapain skor rata-rata 76,78; (2) Kecendrungan kecerdasan yang
dimiliki terdapat 3 dominasi terbesar yaitu kecerdasan logikalmatematis, kecerdasan interpersonal, dan
kecerdasan naturalis; (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematika yang melalui pembelajaran berbasis multipel intelligensi dengan yang tidak melalui pembelajaran berbasis multipel intelligensi berdasarkan hasil uji paired samples test tersebut, diperoleh nilai signifikansi sebesar
0,000 (<0,05); dan (4) Adapun pengaruh penerapan pembelajaran
matematika berbasis multiple inteligensi terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika pada taraf signifikasi α = 5 %
diperoleh t hitung = 4.870 dan t= 1.710. hal ini menunjukkan
thitung ' t
tabel
tabel
. Pada uji kelinieran regresi diperoleh nilai signifikan
0,00 (<0,05) maka ada pengaruh yang signifikan antara penerapan
pembelajaran matematika berbasis multiple inteligensi terhadap pemecahan masalaha matematika mahasiswa jurusan PGMI
Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Full Text:

PDF

References


Bandung: Angkasa.

Amstrong, Thomas. 2002. 7 Kinds of Smart . Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Anas Sudijono. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers.

Arikunto, S.. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta : Rineka Cipta

Bob Samples. 2002. Revolusi Belajar untuk Anak : Panduan Belajar Sambil Bermain Untuk Membuka Pikiran Anak-anak Anda. Bandung: Kaifa

Er man, Suh e r man. 2 0 0 1 . Stra tegi Pem b el a ja ra n M a tem a tika

Kontemporer. Bandung: JICA.

Fitriani, Indah. 2010. The Enhancement Effort for Motivation, Science Process Competence, and Cognitive Learning Result in Biology Subject by Implementing Multiple Intelligences Learning Approach at MTs. Surya Buana Malang. Thesis. Biology Education Major, Post-Graduate Program, State University of Malang

Herman Hudojo. 1998. Belajar Mengajar Matematika. Bandung: Angkasa.

Howard Gardner. 1993. Multiple Intelligence : The Theory in Practice.

USA: Basic Books.

Howard Gardner. 2003. Multiple intelligences (Kecerdasan Majemuk).

Batam: Interaksara

Howard Gardner. 2006. Changing Minds, Seni Mengubah Pikiran Kita

dan Orang Lain. Jakarta: Transmedia.

Julia Jasmine. 2007. Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple

Intelligences. Bandung: Nuansa

Larson, E E.2001. Komunikasi kelompok, Proses-proses diskusi dan

penerapannya. Jakarta: Universitas Indonesia(UI-PREES).

Linda Campbell, Bruce Campbell dan Dee Dickinson. 2006. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence. Depok: Intuisi Press

Muijs Daniel, Reynolds David. 2008. Effective Teaching.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mulyasa. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Paul Suparno. 2004. Teori Inteligensi Ganda, dan Aplikasinya di

Sekolah. Yogyakarta: Kanisius

Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang

Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Riduwan. 2008. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfa Beta

Sama’un Bakry. 2005. Menggagas Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Bani Quraisy,

Sukmadinata, Syaodih Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sujono. 1988. Pengajaran Matematika untuk Sekolah Menengah.

Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan

Sugiyono.2004. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta. Bandung. Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Graha Ilmu

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

-------------------------------------------------. 2002 . Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Taba, Hilda. 1962 . Curriculum development: Theory and practice. New

York: Harcourt Brace Jovanovich.

Thoha, Chabib. , 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tim PPPG Matematika, 2005. Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komonikasi dalam Pembelajaran Matematika. Diklat Guru Inti Matematika SMP di daerah tahun 2005. Depdiknas, Dirjen Dikdasmen.

Yuli Tamar Filindity.2009.Effectiveness of the Application of Multiple Intelligences in Science Learning among Students of Elementary Schools in Ambon City. Thesis. Yogyakarta: Graduate School, Yogyakarta State University.




DOI: 10.24235/holistik.v15i1.435

Article Metrics

Abstract view : 578 times
PDF - 875 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


30

 

30

30