STUDI MUSTALAHUL HADIS DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BUNTET CIREBON

Anisatun Mutiah(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ilmu hadis di
madrasah diniyyah dengan sistem klasikal di Pondok Pesantren Darussalam
Buntet Cirebon. Kajian ini dilatari bahwa selama ini materi hadis yang diajarkan
lebih menitikberatkan pada aspek pengamalan seperti fikih dan akhlak. Kajian
ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya
menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun
temuan kajian ini setidaknya memperlihatkan, (1) Pembelajaran mushthalahul
hadis di Pondok Pesantren Darussalam Buntet, ada pada setiap marhalah
(kecuali ula), kitab al-Quthufuddaniyah Nadzam Imam Baiquny, marhalah
Tsalitsah kitab al-Qawa'id al-Asa'siyyah fi' Ilmi Mustahalahul hadi's, Marhalah
Muhadzarah mengkaji kitab Taisir Musthalahul Hadi's karya Mahmud
Thahhan. diampu langsung oleh bapak K.H. Ahmad Rifqi Chowas, dengan
metode Bandongan, hafalan, musyawarah dan penugasan.; dan (2) Tujuan
yang sangat ditekankan adalah agar para santri dapat memahami hadis ilmu
hadis sebagai sumber pedoman hukum Islam dengan baik dan tidak gegabah.
Tidak mudah tertipu dan tidak mudah mendhaifkan hadis, menghargai tashhih
yang sudah dilakukan ulama ahli hadis. Jangan tergesa-gesa mendhaifkan
hadis. Pemahaman santri dapat dilihat dari hasil belajar yang dilakukan setiap
semester (UTS dan UAS) berupa ujian lisan dan kitabah. Dengan kajian kitab
yang berjenjang sesuai dengan kelas, para santri dimudahkan dalam memahami
redaksi dan sanad hadis.


Full Text:

PDF

References


Al-Baiquny, Taha Muhammad, Mandzumat al-Baiquny, t.t.

Al-Hasani, As-Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki. Prof.Dr. Al-Qawa’id al-Asasiyyah fi ‘Ilmi Mushthalahu al-Hadis, Haiah al-Shofwah, tt.

Ali, Nizar. Memahami Hadis Nabi (Metode dan Pendekatan), Yogyakarta:

CESAD YPI Ar Rahmah, 2001

Alsa, Asmadi. Pendekatan Kuantitatif Kualitatif serta Kombinasinya

dalam Penelitian Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

al-Khatib, Muhammad ’Ajjaj. Ushul al-Hadis ’Ulumuhu wa Mustalahuhu,

Beirut: Dar al-fikr, 1989.

A

l-Thahhan, Mahmud. Taisir Mushthalah al-hadis,Beirut: Dar Al-Qur’an

al-karim, 1979

Al-Shalih, Subhi. ’Ulum al-Hadis wa Mushthalahuhu, Beirut: Dar al-’ilm

li al- Malayin, 1977.

Ash-Shiddieqy, Muhammad Hasbi. Sejarah dan pengantar Ilmu Hadis,

Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2005.

Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam, Ensiklopedia Islam, Jakarta: Ikrar

Mandiri Abadi, 2003.

‘Itr, Nuruddin, Ulumul Hadis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Holistik Volume 15 Nomor 01, 2014

Madjid, Nurcholish. Modernisasi Pesantren, Jakarta: Ciputat

Press, 2002. Mahrus, Ali, Model Pembelajaran Aktif, Kreatif

dan Menyenangkan (PAKEM) terhadap Hasil Belajar Mata

Pelajaran Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas VIII MTs Bahrul Ulum

Sekapuk Pangkal Gresik, Gresik: Institut Keislaman Abdullah

Faqih , 2011.

Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitati. Bandung: PT Remaja

Rosda Karya, 2000.

Rahardjo, M. Dawam. Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES,

Rudliyana, M. Dede. MA. Perkembangan Pemikiran

Ulum al-Hadis dari Klasik sampai Modern, Bandung: CV

Pustaka Setia, 2004.

Saleh, Abdur Rahman. Pedoman Pembinaan Pondok Pesantren. Jakarta:

Departemen Agama RI, 1982..

Sa’dullah, Assa’idi, Hadis-hadis Sekte.Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung:

Alfabeta, 2013.

Umayah, Efektivitas Metode Pembelajaran Hadis Arba'in An-Nawawiyah

(Studi kasus pada pondok pesantren Darul Muhajirin di Desa

Kedung Halang Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor), Bogor:

Depag RI, 2005.

Umayah, Metode Pembelajaran Hadis Di Pesantren (Studi Komparasi

Pesantren

Tarbiyatul Banin Kaliwadas Sumber Kabupaten Cirebon dengan

Pesantren Al- Hikmah Bobos Dukuhpuntang Kabupaten

Cirebon), Cirebon: Lemlit IAIN Sejati, 2012.

Zuhri, Muhammad, Hadis Nabi Telaah Historis dan Metodologis,

Yogyakarta: Tiara Wicana, 1997.

http://rofikekomputer.blogspot.com/p/metode-pendidikan-pondokpesantren.html, diakses Selasa, 1 Muharram 1435 H.




DOI: 10.24235/holistik.v15i1.159

Article Metrics

Abstract view : 602 times
PDF - 1425 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


30

 

30

30