ASSET-BASED COMMUNITY DEVELOPMENT : STRATEGI PENGEMBANGAN MASYARAKAT

Mirza Maulana Al-Kautsari(1*),


(1) Dinas Sosial Kabupaten Sleman
(*) Corresponding Author

Abstract


Asset-based Community Development (ABCD) merupakan salah satu pendekatan dalam pengembangan masyarakat. Kekuatan terbesar dalam menunjang kesejahteraan masyarakat adalah potensi dalam diri sendiri, masyarakat telah lahir, hidup dan berkembang sehingga memiliki aset. Potensi tersebut tentunya dapat dijadikan aset sebagai strategi pemberdayaan masyarakat. Artikel ini bertujuan untuk menjelasakan secara detail tentang strategi pengembangan masyarakat melalui pendekatan Aset dengan porgam ABCD dan melihat terkait dampak dari pelaksanaan progam tersebut dalam menunjang kesejahteraan masyarakat. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa aset yang terdapat dalam masyarakat adalah Aset manusia, Aset alam, Aset ekonomi, Aset sosial, Aset Fisik, Aset Tradisi-Budaya dan Aset Spiritual. Sedangkan proses dalam pelaksanaan progam tersebut terbagi menjadi 5 (Lima) tahap, yakni Discovery (Pengkajian), Dream (Impian), Design (Prosedur), Define (Tujuan), Destiny (self determination). ABCD mengajarkan kepada masyarakat bahwa sesungguhnya kesejahteraan suatu daerah itu bukan bergantung kepada bantuan dari pihak luar namun ditentutakan oleh potensi yang ditumbuh kembangkan oleh masyarakat itu sendiri.


Keywords


Keyword : Pengembangan Masyarakat, Aset.

Full Text:

PDF

References


Abdur Rozaki, Pengembangan Masyarakat Berbasis Asset, IRE, 2015.

Aziz Muslim, Metodologi Pengembangan Masyarakat,Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga, 2008.

Kesi Widjajanti, Model Pemberdayaan Masyarakat, Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 12, Nomor 1, Juni 2011.

Michael Sherraden, Aset Untuk Orang Miskin Perspektif Baru Usaha Pengentasan Kemiskinan, Jakarta : PT RAJAGRAFINDO PERSADA, 2006.

Muhtar, Pengembangan Masyarakat dengan memanfaatkan aset lokal, Jurnal Sosiokonsepsia Vol. 17, No. 01 2012.

Munawar Ahmad, Asset Based Communities Development (ABCD): Tipologi KKN Partisipatif UIN Sunan Kalijaga, Jurnal Aplikasi llmu-ilmu Agama, Vol. VIII, No. 2 Desember 2007.




DOI: 10.24235/empower.v4i2.4572

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 474 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Empower : Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam

      

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.