PENGARUH PENGUASAAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MATRIKS

etty ratnawati(1*), hasanudin hasanudin(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan yang baik akan memberi hasil yang baik terhadap siswa sebagai pelaku pendidikan. Salah satunya adalah
kemampuan menyelesaikan masalah. Banyak masalah yang terkait dengan matematika. Biasanya permasalahan
tersebut dinyatakan dalam variabel-variabel sebagai suatu persamaan. Banyak permasalahan yang dinyatakan dalam
persamaan linear. Dalam menyelesaikan permasalahan yang lebih banyak memuat variabel dari suatu
persamaan linear, maka untuk mempermudah penyelesaiannya variabel-variabel dari persamaan linear dipisahkan
dan dinyatakan dalam bentuk matriks.
Sehingga secara konsep materi system persamaan linear dan materi matriks
memiliki
keterkaitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang penguasaan siswa dalam sistem
persamaan linear, kemampuan siswa dalam matriks dan Pengaruh Penguasaan Sistem Persamaan Linear terhadap
Kemampuan siswa dalam matriks di SMK Ponpes Cadangpinggan Kabupaten Indramayu. Sistem Persamaan Linear dapat
dinyatakan dalam bentuk Matriks. Sehingga dalam penguasaan matriks dibutuhkan penguasaan sistem persamaan linear.
Hal ini dikarenakan matematika memiliki keterkaitan antara satu materi dengan materi lainnya. Sehingga
penguasaan suatu materi diperlukan kemampuan prasyarat untuk mempelajarinya. Populasi dalam penelitian ini kelas X
SMK Ponpes Cadangpinggan, berjumlah 140 siswa yang terdiri dari 4 kelas, sampel dipilih secara acak dari 4 kelas
diperoleh kelas XC berjumlah 38 siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu penguasaan sistem persamaan
linear sebagai varibel X dan penguasaan siswa dalam matriks sebagai variabel Y. Instrumen yang digunakan adalah tes
dan analisis yang digunakan : a) uji instrumen terdiri dari : uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan daya
pembeda. b) uji prasyarat penelitian terdiri dari : uji normalitas, uji homogenitas, analisis regresi, uji korelasi, uji
hipotesis dan harga koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh data tentang penguasaan Sistem Persamaan Linear
Siswa didapat nilai rata-rata 65,76 dengan pencapaian indikatornya 70,89%. Data tentang kemampuan siswa dalam
matriks didapat nilai rata-rata 70,26, dengan pencapaian indikator 69,10%. Dan data tentang pengaruh
penguasaan sistem persamaan linear terhadap kemampuan siswa dalam matriks diperoleh hasil perhitungan
hipotesis t
hitung
=12,384 sedangkan t
tabel
= 1,688. Sehingga t
hitung >
t
, artinya ada pengaruh penguasaan sistem
persamaan linear siswa terhadap kemampuan siswa dalam matriks. Besarnya pengaruh ditentukan dengan nilai
determinasi 0,81 atau sebesar 81%. Sedangkan sisanya dipengaruhi faktor luar sebesar 19%.

Kata kunci: Sistem persamaan linear, matriks
tabel

 


Full Text:

PDF

References


Al Krismanto. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam PembelajaranMatematika.

http://www.duniaguru.com/doc/matematika/sma/StrategiPembelajaranMatematika.pdf, diakses 10 Januari

Arikunto. 2005. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP).2006. Standar Isi untuk satuan Pendidikan

Dasar dan Menengah. Jakarta Baru. Algensindo

Dedi Haryadi.2006. Modul Matematika teknologi,Kesehatan dan Pertanian untuk SMK

kelas X. Jakarta : Yudhistira

Erman Suherman dan Udin S Winataputra. 1992. Strategi Belajar Mengajar Matematika.

Jakarta. Depdikbud.

Erman Suherman.1990.Evaluasi Pengajaran Matematika. Bandung : UPI Bandung

Erman. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung : UPI Bandung

Kemendiknas, 2010. Laporan Hasil Belajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta

: Kemendiknas

Kuantarti, Sulistiyono, Sri Kurnianingsih. 2005. Matematika SMA untuk kelas XII

Program Ilmu Alam Kurikulum 2004. Jakarta : ESIS

Muhammad Ali. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar

Muhibbin Syah. 1997. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung:

Remaja Rosda Karya

---------------------. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada Rasdihan Rasyad.

Aljabar Linear Untuk Umum.Jakarta : PT Grasindo Riduwan. 2008. Dasar -

Dasar Statistik . Bandung: Alfabeta

Russefendi. 1991. Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Khususnya dalam

Pembelajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung : Tarsito

---------------------. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan

Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung:

Tarsito

Slameto . 2003. Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Subana. 2001. Statistik Pendidikan. Bandung : Tarsito

Sugiyono.2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 1992. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :

Rineka Cipta

--------------------------.2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta:

Penerbit Bumi Aksara

-------------------------. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta

Sumardyono.2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya Tahap Pembelajaran

Matematika.Yogyakarta:Depdiknas

Sumarno Surapranata. 2004. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suwah Sembiring. 2002. Kompetensi Dasar Pelajaran Matematika untuk SMU kelas 1a.

Bandung : Yramawidya

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta : PT

Rineka Cipta.

Winkel. (2007). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Media Abadi

http://en.wikipedia.org

/wiki/System_of_linear_equations.html diakses 31 Desember 2008




DOI: 10.24235/eduma.v1i1.282

Article Metrics

Abstract view : 234 times
PDF - 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 etty ratnawati, hasanudin hasanudin

View My Stats
 

 

Creative Commons License
EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching by https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.