[Window Title] DAEMON Tools Shell Extensions Helper [Main Instruction] DAEMON Tools Shell Extensions Helper has stopped working [Content] Windows is checking for a solution to the problem... [Cancel]

indah nursuprianah(1*), mahsusin mahsusin mahsusin(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract



Permasalahan pada penelitian ini adalah proses pembelajaran matematika di SMP/MTs pada umumnya masih banyak
yang menggunakan cara konvensional seperti ekspositori, driil, demonstrasi dan ceramah. Kebanyakan guru dalam
kegiatan pembelajarannya dimulai dengan ceramah, menerangkan pokok materi, memberikan contoh cara
menyelesaikan soal dan memberikan tugas rumah. Pembelajaran seperti ini masih ada kelemahan, terutama pada
pokok-pokok bahasan yang memerlukan media atau alat peraga.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui data tentang penggunaan alat peraga model Pythagoras pada pokok
bahasan teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 4 Pamarican Kabupaten Ciamis, untuk mengetahui data
tentang kemampuan matematika siswa pada pokok bahasan teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 4 Pamarican
Kabupaten Ciamis dan untuk mengatahui data tentang pengaruh penggunaan alat peraga model Pythagoras terhadap
kemampuan matematika siswa pada pokok bahasan teorema Pythagoras di kelas VIII di SMP Negeri 4 Pamarican
Kabupaten Ciamis.
Salah satu komponen untuk meningkatkan pembelajaran adalah dengan menggunakan media alat peraga.
Bagaimanapun juga media alat peraga memegang peranan penting dalam proses pembelajaran terutama pada
pelajaran matematika dimana media alat peraga matematika dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan
matematika siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui
angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pamarican tahun
pelajaran 2010/2011 sebanyak empat kelas dan berjumlah 180 siswa, yang masing-masing kelas berjumlah 45 siswa
terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen.
Berdasarkan analisis data, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan alat peraga model Pythagoras sebesar
61.1% dengan kategori baik terletak pada rentang 55% - 74%, kemampuan rata-rata matematika siswa pada pokok
bahasan teorema pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 4 Pamarican Kabupaten Ciamis sebesar 77.00. dan pengaruh
sebesar nilai z = -6.559 dan Sig. 0,000 < 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Artinya terdapat pengaruh penggunaan alat peraga model Pythagoras terhadap kemampuan matematika siswa pada
pokok bahasan teorema Pythagoras di kelas VIII di SMP Negeri 4 Pamarican Kabupaten Ciamis.

Kata Kunci : Pythagoras


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arif S. Sadiman. 2005. Media Instruksional Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

_________________. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Chapelin, J. P. 2004. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Erman dkk, 2002 Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:Universitas

Pendidikan Indonesia.

Hake, 2009. Proses Belajar Mengajar dengan Statistik.

http://media.diknas.go.id/media/document/4372.pdf. Diakses pada tanggal 1 November 2011.

Karno To. 2000. Mengenal Analisis Tes. Bandung: IKIP Bandung.

Marfuatun, 2008. Penggunaan Alat Peraga Papan Untuk Bab Bangun Datar Dalam Upaya

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. STAIN Cirebon, 2008.

Nugroho, Bhuwono A. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS.

Yogyakarta: Andi Offset.

Pujiati. 2004. Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Pusat

Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika.

P4tkmatematika.org/downloads/smp/AlatPeragaMatematika.pdf. Diakses pada tanggal 20

Oktober 2011.

Riduwan, 2006. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

_______. 2006. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung:

Alfabeta.

Ridwan, 2003. Dasar – Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Robbin, Stephen. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Rohani, Ahmad. 2000. Media Instruksional Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Ruseffendi. 1999. Dasar-dasar Matematika Modern dan Komputer Untuk Guru. Bandung: Tarsito.

Subana et. Al. 2005, Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana, 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Surapranata, S. 2005. Analisis Validitas, Reabilitas, dan Interprestasi Hasil Tes Implementasi

Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Subandar, Jozua. 2009. Matematika Untuk SMP/MTs. Bandung: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

________. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung:Alfabeta.

Tim Penulis Matematika. 2010. Materi Inti dan Soal Jawab. Solo: Tiga Serangkai.

Usman, M.U. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

M. Sinaga dan Sri Hadiati 2001. Pengertian Kemampuan.

http://milmanyusdi.blogspot.com/2011/07/pengertiankemampuan.

html. Diakses pada tanggal 23 Januari 2012.




DOI: 10.24235/eduma.v1i1.278

Article Metrics

Abstract view : 413 times
PDF - 381 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 indah nursuprianah, mahsusin mahsusin mahsusin

Creative Commons License

EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching by https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats