ANALISIS BUKU LAPORAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PAUD DITINJAU DARI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES

Dhiarti Tejaningrum(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Pendidikan adalah sebuah proses memberikan lingkungan agar peserta didik dapat berinteraksi dengan lingkungan untuk mengembangkan kemampuan yaitu kognitif (mengasah pengetahuan), afektif (mengasah kepekaan perasaan), dan psikomotorik (keterampilan melakukan sesuatu). Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah pendidikan yang ditujukan bagi anak usia 0 hingga usia 6 tahun. Pendidik dituntut mampu dan mau memberikan berbagai rangsang sesuai dengan potensi kecerdasan anak. Menurut Howard Gardner, multiple intelligences adalah berbagai ketrampilan dan bakat yang dimiliki siswa untuk menyelesaikan berbagai persoalan dalam pembelajaran. Titik tekan teori multiple intelligences adalah pada kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan untuk menciptakan suatu produk atau karya. Multiple Intelligences yang mencakup sembilan kecerdasan itu pada dasarnya berisi tentang kecerdasan otak (IQ), kecerdasan emosional (EI), dan kecerdasan spiritual (SI).Untuk mengetahui dan mengembangkan teori multiple intelligences diperlukan proses yang tidak sebentar, karena kemampuan masing-masing anak berbeda. Semua membutuhkan waktu yang panjang untuk membentuknya. Pembentukan multiple intelligences tidak hanya dilakukan dalam kegiatan formal akan tetapi dalam kegiatan non formal juga harus dikembangkan. Penulis mencoba menganalisis dari hasil sistem pembelajaran yang sudah dilakukan pada anak TK A di TK Budi Mulia Dua Yogyakarta melalui observasi dan data buku laporan perkembangan peserta didik dengan melihat terlebih dahulu bidang apa saja yang sudah dikembangkan.Dari hasil observasi dan data dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran yang dilakukan di TK Budi Mulia Dua sudah mencakup semua jenis kecerdasan dalam teori multiple intelligences, dimana semua bidang pembelajaran dilakukan untuk mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan teori multiple intelligences. Meskipun pada prakteknya belum sepenuhnya siswa mampu menyerap semua materi yang ada tetapi pendidik sudah mencoba mengembangkan metode pembelajaran tersebut dengan baik dan sesuai dengan aspek perkembangan anak usia dini.

 

Kata kunci: teori multiple intelligences, pendidikan anak usia dini, buku laporan perkembangan peserta didik.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Garner, Howard. (2012).Multiple Intelligences: Teori Dalam Praktek. Alih Bahasa: Drs. Alexander Sindoro. Tangerang: Interaksara.

Goleman, D. (1995). Emotional Intelligences: Why it can matter more than IQ. New York: Bantam.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2008.Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Suyadi, M.Pd.I. (2010).Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.

Wawuru, Fidelis E.& Monty P. Satiadarma. 2003.Mendidik Kecerdasan, Pedoman bagi orang tua dan guru dalam mendidik anak cerdas. Ed 1. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Wulan, Ratna. 2011. Mengasah Kecerdasan Pada Anak (bayi- pra-sekolah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yaumi, Dr. Muhammad,M.Hum.,M.A. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.




DOI: 10.24235/awlady.v2i2.820

Article Metrics

Abstract view : 1628 times
PDF - 840 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here