INTEGRASI PENDIDIKAN MORAL DAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK PADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Patimah Patimah(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Fase perkembangan anak pada usia dini merupakan fase awal individu mengembangkan potensi  yang dianugerahkan. Tuhan kepada manusia. Secara umum  pendidikan prasekolah dimaksudkan untuk menfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh sesuai dengan norma-norma dan nilai-nilai kehidupan. Disamping itu program  pendidikan prasekolah harus disesuaikan dengan kebutuhan,  minat dan perkembangan anak. Bidang pendidikan anak usia dini, terdapat dua pendekatan mendasar yang digunakan, yaitu  pendekatan perilaku dan pendekatan perkembangan.

Program kelas yang berpusat pada anak merupakan pendekatan pembelajaran  yang berorientasi perkembangan yang berusaha mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak secara optimal. Pendekatan  kelas yang berpusat pada anak didasarkan atas keyakinan bahwa anak akan tumbuh dan belajar dengan baik jika merekadilibatkan secara alamiah dalam proses belajar.

Program  kelas yang berpusat pada anak mendukung peran serta keluarga dalam berbagai cara. Meskipun metodenya berbeda-beda namun para guru dan pengelola pendidikan harus tetap mendukung keluarga untuk terlibat secara aktif dalam semua aspek program. Pada prinsipnya, segala upaya untuk memfasilitasi seluruh aspek perkembangan anak secara optimal dapat tercipta melalui kesungguhan pihak-pihak yang terlibat dalam program pendidikan tersebut. Kesetaraan serta rasa tanggung jawab yang besar dari masing-masing pihak akan membantu pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan.

 

Kata Kunci : Pengembangan Potensi Anak Usia Dini, Pendekatan Kelas,  Potensi Anak


Full Text:

PDF

References


http://rahma10253.blogspot.Com/2011/05/ pengertian-pendidikan-moral.html.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2003, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat PAUD. 2005. Perkembangan dan Belajar Anak Didik. Pekanbaru: Cendikia Insan.

Galloway Charles. 2000. Psychology for Learning and Teaching.

http://dianasary92.blogspot.com/2012/12/perkembangan-kognitif-anak-usia-dini.html.

http://olvista.com/parenting/10-manfaat-pendidikan-anak-usia-dini-paud-bagi-si-kecil/.

https://anakmuslim.wordpress.com/pendidikan-anak-dalam-islam/

Lilis Suryani, 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dsar Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Maria J. Wantah, 2007. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini.Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Piaget, Jean. 1972. Psikologi Perkembangan Anak. (online, http//online ed. Asv. Edu/eppa/,

Rita Kurnia. 2010. Program Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dinil. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Santi Danar, 2009. Pendidikan Anak Usia Dinil, Antara Teori dan Praktik, Jakarta : PT Indeks.

Yuliani Nurani Sujiono, 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dinil, Jakarta : PT Indeks




DOI: 10.24235/awlady.v1i2.743

Article Metrics

Abstract view : 621 times
PDF - 1187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

50  

50

 

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.