LITERASI AWAL AL-QUR’AN UNTUK ANAK USIA DINI DENGAN TEKNIK READING ALOUD

Eti Nurhayati(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


berkembang luas di Indonesia untuk para pebelajar pemula, termasuk anak usia dini. Berdasarkan studi penulis, ditemukan setidaknya enam belas metode dan sembilan teknik pemelajaran al-Qur’an. Metode-metode tersebut adalah: Baghdadiyah klasik, Baghdadi ala Malaysia, Barqi, Tilawati, Qira’ati, Iqra, Iqra Terpadu, Iqra Klasikal, Lamma, Nahdhiyah, Wafa, Muyassar, Yanbu’a, Ummi, Rubaiyat, dan Ijmali. Tekniknya antara lain: Al-Bana, Al-Bayan, Sintetik, Bunyi, Meniru, Campuran, Libat, Talqin, dan Specch&Read Aloud (SRA). Setiap metode dan teknik tersebut memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Studi ini difokuskan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dan efisiensi teknik Reading aloud digunakan sebagai pengenalan literasi awal al-Qur’an untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif di RA Al-Ishlah Bobos Cirebon. Kesimpulan penelitian: (1) Teknik Reading aloud sangat efektif digunakan dalam pemelajaran literasi awal al-Qur’an untuk anak usia dini, terutama dalam pengucapan huruf hijaiyyah, lafadz, ayat, dan surah al-Qur’an (2) Teknik Reading aloud sangat efisien digunakan dalam pemelajaran literasi awal al-Qur’an ukarena efisien, mudah, murah, simpel, dan fleksibel digunakan oleh guru, dan menyenangkan bagi anak usia dini.


Keywords


Literasi awal al-Qur’an, Anak Usia Dini, teknik Reading aloud

Full Text:

PDF

References


Alucyana. (2017). Pemelajaran Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini dengan Metode Muyassar. Yogyakarta: 2nd ACIECE Proceedings.

Amalia, Ainna FN dan Cicik Ainurrohmah. (2017). Implementasi Metode Tilawati dalam Menghafal Bacaan Sholat di TPQ Miftahul Hidayah Gondang Nganjuk. Yogyakarta: 2nd ACIECE Proceedings.

Dainuri. (2017). Problematika Pemelajaran Al-Qur’an dengan Metode Tilawati. Yogyakarta: 2nd ACIECE Proceedings.

Natsir, Ahmad. (2017). Modernisasi Metode Pemelajaran Al-Qur’an Anak Usia Dini: Studi Kasus di TPQ al-Nahdhiyyah Nganjuk. Yogyakarta: 2nd ACIECE Proceedings.

Pangastuti, Ratna. (2017). Pemelajaran Al-Qur’an Anak Usia Dini Melalui Metode Wafa. Yogyakarta: 2nd ACIECE Proceedings.

Ratnawati, Siti Rohmaturrosyidah dan Imroatus Solihah. (2017). Pemelajaran Al-Qur’an Metode Wafa: Sebuah Inovasi Metode Pemelajaran Al-Qur’an dengan Optimalisasi Otak Kiri dan Otak Kanan. Yogyakarta: 2nd ACIECE Proceedings.

Rubaiyat Indonesia. 4 Jam Bisa Baca Al-Qur’an dengan Metode Rubaiyat. Dalam https://www. metoderubaiyat official.com. Diakses 24 Februari 2019.

Setiawan, Eko. (2017). The Influence of Qur’an Learning Methods and Learning Concentration Toward in Early Reading and Writing the Qur’an Abilities. Yogyakarta: 2nd ACIECE Proceedings.

Surasman. (2008). Metode Al-Bayan. Jakarta: Erlangga.

Tanfidiyah, Nur. (2017). Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: 2nd ACIECE Proceedings.

Tim Al-Bana. (2010). Metode Al-Bana Belajar Al-Qur’an Secara Mandiri: Mudah Belajarnya, Cepat Bisanya. Jakarta: Bana Publishing.

Tim Asy-Syamil. (2018). Begini Cara Mengajarkan Metode Talqin Al-Qur’an pada Anak. Dalam https://asy-syamil.com. Diakses 24 Februari 2019.

Ummah, Siti Sumihatul dan Abdul Wafi. (2017). Metode-metode Praktis dan Efektif dalam Mengajar Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: 2nd ACIECE Proceedings.




DOI: 10.24235/awlady.v5i1.3981

Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF - 121 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here