Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalistik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bercocok Tanam
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk memahami bagaimana aktivitas bercocok tanam bisa mengembangkan kecerdasan naturalistik pada anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan di TK Madinah School, dengan sampel penelitian berupa 12 anak usia 5-6 tahun. Metode yang dimanfaatkan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk dua siklus, dengan fokus pada pengembangan kecerdasan naturalistik melalui kegiatan bercocok tanam. Teknik penghimpunan data yang dimanfaatkan meliputi observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data dianalisis memanfaatkan teknik analisis deskriptif kualitatif serta kuantitatif melalui rumus persentase dalam mengukur perkembangan anak. Hasil penelitian menyatakan atas kegiatan bercocok tanam bisa secara signifikan mengoptimalkan kecerdasan naturalistik anak, dengan peningkatan yang positif pada aspek-aspek seperti ketertarikan terhadap alam, eksplorasi bahan alam, kepedulian terhadap lingkungan, serta pengetahuan tentang alam. Meskipun terdapat sedikit penurunan pada beberapa indikator pada siklus terakhir, temuan ini mendukung gagasan bahwa keterlibatan anak dalam kegiatan berbasis alam dapat merangsang kreativitas dan minat mereka terhadap lingkungan. Penelitian tersebut memberikan kontribusi untuk mengembangkan metode pembelajaran yang berfokus pada pemahaman alam dan ekologi di anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A Kanu, Sartika. 2022. “Peran Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B3 pada Sentra Alam Sekitar di RA DWP 1 Kanwil Departemen Agama Provinsi Sulawesi Tengah.”
Amin, Saifudin. 2021. Pendidikan Akhlak Berbasis Hadits Arba’in An Nawawiyah. Penerbit Adab.
Arikunto, Suharsimi. 2021. Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Fauzia, Wulan. 2023. Perkembangan kognitif anak usia dini. Feniks Muda Sejahtera.
Febriani, Elsa Selvia, Dede Arobiah, Apriyani Apriyani, Eris Ramdhani, dan Ahlan Syaeful Millah. 2023. “Analisis data dalam penelitian tindakan kelas.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1(2):140–53.
Fauziah, L., Mahmudah, M., Dea, L. F., Utama, F., & Setiawan, A. (2024). Developing Wood Dust Into Horta Dolls to Develop Language Aspects in Children Aged 4-5 Years. Bulletin of Pedagogical Research, 4(2), 119-137.
Fatimah, H., & Manurung, P. (2025). Gambaran Perkembaangan Sosial Emosional Anak dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Kelompok di TK ADE IRMA SURYANI I Kecamatan Pantai Cermin. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(2), 22-51.
Gunansyah, Ganes. 2022. “Peran Guru dalam Penanaman Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10(7):1450–61.
Kasih, Delina. 2021. “Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun di RA Salsabila Darunajah Bekasi.” PERNIK 4(2):21–35.
Mahdayeni, Mahdayeni, Muhammad Roihan Alhaddad, dan Ahmad Syukri Saleh. 2019. “Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan).” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7(2):154–65.
Mariyati, Lely Ika, Lely Ika Mariyati Psikolog, Vanda Rezania, dan Vanda Rezania. 2021. “Psikologi Perkembangan Manusia I.”
Mita, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalistik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Bercocok Tanam Di Tk Pgri Bandar LampunG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Manurung, P., Saragih, A. H., & Hasibuan, P. (2024). A Study of the Philosophy of Education and Analysis of the Principles of Implementing Education according to the Al-Qur'an. Pharos Journal of Theology, 105(2).
Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1-12.
Nadhifa, Salsabila. 2023. “Pengembangan kreativitas anak usia dini menggunakan media berbasis alam.”
Pahleviannur, Muhammad Rizal, Saringatun Mudrikah, Hari Mulyono, Vidriana Oktoviana Bano, Muhammad Rizqi, Muhammad Syahrul, Nashrudin Latif, Ema Butsi Prihastari, dan Khurotul Aini. 2022. Penelitian Tindakan Kelas. Pradina Pustaka.
Tarigan, N. B., Harahap, A. C. P., & Manurung, P. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Untuk Meningkatkan Self Disclosure Anak Panti Asuhan. CONS-IEDU, 4(2), 168-183.
Sofia, Argina, Daviq Chairilsyah, dan Yeni Solfiah. 2022. “Pengaruh Kegiatan Bercocok Tanam Terhadap Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Baserah.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4(3):1425–36.
Subroto, Joko. 2023. Mengenal Kecerdasan Manusia. Bumi Aksara.
Sudarti, Dwi Okti. 2020. “Mengembangkan kreativitas aptitude anak dengan strategi habituasi dalam keluarga.” Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora 5(3):117–27.
Suswati, S. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Naturalistik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menanam Teknik Hidroponik (Penelitian Tindakan Kelas) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO).
Sofianti, A. A. Perbedaan Ekoliterasi Siswa Ditinjau dari Aktivitas Bertema Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Projek P5 (Studi Komparatif di SMAN 29 Jakarta Selatan dan SMAN 47 Jakarta Selatan) (Bachelor's thesis, JAKARTA= FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA).
Uno, Hamzah B., dan Masri Kudrat Umar. 2023. Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran: sebuah konsep pembelajaran berbasis kecerdasan. Bumi Aksara.
Yadnyawati, Ida Ayu Gde, Ni Nyoman Sri Winarti, Desak Seniwati, I. Gusti Ayu Ngurah, dan Ni Made Surawati. 2023. “Peranan Keluarga Menciptakan Lingkungan Sehat Bagi Anak.” Jurnal Widya Biologi 91–102.
DOI: 10.24235/awlady.v11i1.19801
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.