Penerapan Permainan Engklek dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun
(1) Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
(2) Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
(3) Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aciyaningsih, & Husain, I. A. (2022). Upaya guru untuk meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Usia Dini. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 115–120. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8125
Aida, N., Muzakki, M., & Saudah, S. (2024). Penggunaan Media Permainan Tradisional Tembak Tutus Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 3(2), 85–93. https://doi.org/10.21093/bocah.v3i2.8287
Akhmad, M. A., Mustari, M., Putra, M. A., Arif, T. A., Fadollah, I., & Sila, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 341–355. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1462
Amini, S., Hasibuan, R., & Bachri, S. B. (2024). Collaborative Learning melalui Jump Rope Game pada Kemampuan Motorik Sosial Emosional Anak. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 488–495. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.722
Anjani, S., & Atika, A. R. (2020). Permainan Engklek Dalam Meningkatkan Motorik Anak Usia Dini. JURNAL CERIA (CERDAS ENERGIK RESPONSIF INOVATIF ADAPTIF), 3(6), 511–517. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i6.p%25p
Ariani, U., Marmawi, & Fadillah. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di SLB Autis Pontianak. KHATULISTIWA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(9), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i9.28395
Estiani, M., & Suparno, S. (2022). Stimulasi Perkembangan Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Tenggoh-tenggohan. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 355–364. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.386
Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Harapan Cerdas Publishare.
Fitri, Karta, I. W., & Nurhasanah. (2022). Pengaruh permainan tradisional bakiak dan engklek terhadap perkembangan sosial emosional anak. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 10(1), 85–93. https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.55255
Handayani, F. F. (2022). Permainan Tradisional Lulu Cina Buta: Stimulasi Keterampilan Sosial Emosional Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i1.9609
Hasibuan, V. E. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Melalui Permainan Tradisional Pada Anak Kelompok B RA Nurul Aqli Karya Desa Pasir Tuntung Kecamatan Kotapinag [Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara]. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10974
Hayani, E. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek dan Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 13(2), 450–458. https://doi.org/10.24127/gdn.v13i2.7542
Hayati, R., Fakhriah, Amalia, D., Bahrun, & Rosmiati. (2021). Sosial Emosional Anak Dengan Permainan Tradisional Engklek Di TK IT Permata Sunnah Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (JIM PAUD), 6(4), 49–58. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/19071
Hazriyanti, & Nasriah. (2019). Pengaruh Permainan Engklek Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Perwanis Medan TA 2018/2019. Jurnal Usia Dini, 5(2), 20–26. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/16202/12654
Herdian, H., & Listiana, A. (2024). Implementasi Psikologi inklusif dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 628–636. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.649
Hidayati, S. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. In CV. KANAKA MEDIA (1st ed.). CV. KANAKA MEDIA.
Huwaina, I. (2018). Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Gerak dan Lagu Di Taman Kanak-kanak Assalam I Sukarame Bandar Lampung [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. In Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri, Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5153
Juanda, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) (1st ed.). Deepublish. http://repository.syekhnurjati.ac.id/eprint/3027
Kemendikbudristek, K., & Kemenkumham, K. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI; Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. https://bit.ly/PermendikbudSKL2022
Lestari, P. I., & Prima, E. (2017). The Implementation of Traditional Games to Improve the Social Emotional Early Childhood. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(3), 178–184. https://doi.org/10.26858/est.v3i3.4212
Munirah. (2018). Urgensi Pengembangan Sosial Dan Emosi Anak Usia Dini. Irfani, 14(1), 19–27. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir
Novianti, L. F. (2024). Penerapan Permainan Engklek Untuk Menjaga Keseimbangan Pada Anak Kelompok B di TK Harapan Bangsa Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir. (Skripsi, Institus Agama Islam Negeri Palangka Raya).
Pahenra, Winarni, Salma, S., & Amaludin, R. (2021). A Traditional Play to Improve Children’ s Cognitive. 7(2), 198–210. https://doi.org/10.24235/awlady.v7i2.8299
Purnama, S., Pratiwi, H., & Rohmadheny, P. S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas untuk Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Pusat Data dan Informasi Pendidikan, B. D. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Departemen Pendidikan Nasional. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf
Qur’an Kemenag RI. (2019). Kementerian Agama RI [Aplikasi mobile]. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.quran.kemenag
Rahmi, A. A., Hizriyani, R., & Sopiah, C. (2022). Analisis Teori Hierarki of Needs Abraham Maslow Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 205–214. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.385
Rustari, L., Fadillah, & Ali, M. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Islamiyah Pontianak Tenggara. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(9), 1–11. https://doi.org/10.26418/jppk.v8i9.35858
Sari, F. P., Fahruddin, F., & Rachmayani, I. (2022). Penerapan Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Negeri 01 Sembalun Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2146–2151. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.942
Sari, N. H., & Harahap, J. Y. (2022). Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini di TK Al-Iklas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 455–460. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2911
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan (S. Saat (Ed.)). Erlangga.
Verrawati, A. J., & Mustadi, A. (2015). Implikasi Teori Konstruktivisme Vygotsky Dalam Pelaksanaan Model Pembelajaran Tematik Integratif Di SD. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(11), 1–15. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1423
Yusuf, R. N., Khoeri, N. S. T. A. Al, Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(1), 37–44. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/320
DOI: 10.24235/awlady.v11i1.19781
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.