Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat

Muhammad Tho’in(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program pembiayaan pendidikan yang dilakukan, untuk mengetahui kriteria siswa yang akan mendapatkan beasiswa pendidikan, dan untuk mengetahui fleksibilitas dalam mengalokasikan dana zakat untuk pendidikan di lembaga amil zakat Al-Ihsan Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa data interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisa data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan ada dua program pembiayaan pendidikan yang dilakukan lembaga ini yaitu program beasiswa terpadu dan pesantren yatim. Kedua program ini dibiayai dari pendayagunaan dana zakat yang telah dihimpun. Kriteria-kriteria siswa penerima bantuan beasiswa pendidikan digolongkan berdasarkan skala prioritas: 1) fakir miskin, yatim/piatu, takmir masjid; 2) fakir miskin, yatim/piatu; 3) fakir miskin. Selain itu ada fleksibilitas anggaran dalam mengalokasikan dana zakat untuk program pendidikan.

 

Kata kunci: lembaga amil zakat, pengelolaan zakat, pembiayaan pendidikan.

 

Abstract

 

This study aims to find out how educational financing program is done, to know the criteria of students who will get educational scholarship, and to know the flexibility in allocating zakat funds for education at the zakat al-Ihsan Institute of Central Java. This research use desciptive qualitative approach. Methods of data collection in this study was conducted by observation, interview, and documentation. Data analysis techniques in this study using interactive data analysis techniques consisting of three components of data analysis that is data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study found there are two educational financing programs undertaken by this institution is an integrated scholarship program and orphaned pesantren. Both programs are financed from the utilization of zakat funds that have been collected. The criteria of the students receiving educational scholarships are classified by priority scale: 1) the poor, orphan, takmir mosque; 2) the poor, orphans; 3) the poor. In addition there is the flexibility of the budget in allocating zakat funds for education programs.

 

Keywords: amil zakat institution, management of zakat, tuition fee.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Departemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahannya, 2005.

Departemen Agama RI, Pola Pembinaan Lembaga Zakat Indonesia, Jakarta: Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji, 2003.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Fatah, Nanang, Ekonomi dan Pembiayaan. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

, Indikator Kemandirian Pembiayaan Madrasah..Jurnal Edukasi Vol.5.No.1 Januari-Maret 2007, Hal. 35.

Hafidhuddin, Didin, Zakat dalam Perekonomian Modern, Jakarta: Gema Insani, 2003.

H. A. R. Tilaar, Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar, Bandung: PT. Remaja Roesda Karya, 1995.

H.B. Sutopo, Pengantar Penelitian Kualitatif, Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press, 2002.

Inayah, Gazi, Teori Komprehensif Tentang Zakat dan Pajak, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya, 2003.

Lincoln, Denzin, Handbook of Qualitatife Research, California: Sage Publication, Inc., 2003.

Moleong, Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

Muhammad, Zakat Profesi Wacana Pemikiran dalam Fiqih Kontemporer, Jakarta: Salemba Diniyah, 2002.

Munadi, Muhammad, Instrumen Religius Philantropy sebagai Alternatif Pembiayaan Pendidikan Islam, Jurnal at Tarbawi Vol.2.No.1 2004, Hal.67-78.

Nawawi, Hadari, Administrasi Pendidikan, Jakarta: PT. Toko Gunung Agung, 1997.

Nawawi, Imam, Hadis Arbain An Nawawiyah dan terjemahannya, Surakarta: Media Insani Press, 2003.

Qordhowi, Yusuf, Hukum Zakat. Bandung: Mizan dan Jakarta: PT. Pustaka Lintera Antar Nusa, 1999.

Sabiq, Sayyid, Fiqih Sunnah, Jakarta: Pena Pundi Aksara, 2006.

Shiddieqy, Hasbi (-Ash), Pedoman Zakat, Jakarta: Bulan Bintang, 1999.

Supriyadi, Dedi, Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003.

TAP MPR No. VI tahun 2002

Tim Pelatihan Amil Zakat, Panduan Praktis Zakat. Jakarta: Inti Mandiri Sejahtera, 2003.

UUD 1945 Pasal 31 ayat 1

UUD 1945 Pasal 31 ayat 4

UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasioanal Pasal 49 ayat 1.

UU RI No. 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat.

, Zakat, Kajian Berbagai Madzhab, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.

Zuhayly, Wahbah (-Al), Zakat, Kajian Berbagai

Madzhab, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.




DOI: 10.24235/amwal.v9i2.1794

Article Metrics

Abstract view : 819 times
PDF - 519 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Al Amwal Indexed by:

          

 

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats