Layanan Bimbingan dan Konseling Bidang Belajar di Sekolah: Pendekatan Konseptual

Yuni Novitasai(1*), Eko Susanto(2), Tri Anjar(3),


(1) Universitas Muhamamdiyah Metro
(2) Universitas Muhamamdiyah Metro
(3) Universitas Muhamamdiyah Metro
(*) Corresponding Author

Abstract


Berdasarkan kesenjangan dilapangan artikel ini mengupas secara mendalam layanan bimbingan dan konseling bidang belajar di sekolah dalam pendekatan konseptual yang holistik. Menguraikan model intervensi multilevel, individual, dan kelompok kelompok, serta kolaborasi sistemik antara sekolah, orang tua, dan masyarakat. Studi menyoroti pentingnya peran konselor dalam menjembatani gap antara harapan akademik dan realita emosional siswa. Disamping itu, hadirnya teknologi diharapka menjadi alat pendukung untuk melakukan asesmen, evaluasi dan intervensi yang lebih luas. Temuan menunjukkan terdapat kendala berupa keterbatasan sumberdaya manusia, kesenjangan digital, dan resistensi terhadap perubahan. Upaya kolaboratif membuka peluang transformasi dalam layanan bimbingan dan konseling belajar di sekolah. Dengan menyajikan pemikiran dan analisis sederhana artikel ini diharapkan mampu menjadi referensi bagi pendidik, konselor, dan pengambil kebijakan untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang inklusif, adaptif, dan responsif terhadap dinamika kebutuhan belajar siswa.


Keywords


bimbingan dan konseling; belajar; teknologi; intervensi; transformasi pendidikan



DOI: 10.24235/dimasejati.v6i2.19716

Article Metrics

Abstract view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yuni Novitasai, Eko Susanto