PENINGKATAN KREATIVITAS BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA KELOMPOK A DI TK IT HARAPAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Moh Masnun(1*), Agus Suprihatin(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) TK IT HarapanPENINGKATAN KREATIVITAS BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA KELOMPOK A DI TK IT HARAPAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

This study aims to determine the improvement of the language creativity of PAUD students through the storytelling method using image media in the A group in Kindergarten IT Hope even in the academic year 2017/2018. The research method used in this study is Classroom Action Research (CAR). The results of this study state that the method of telling stories with picture media can increase creativity in group A children in the IT Kindergarten Harapan Brebes. This can be seen from the initial ability of speaking skills, which is 54.82% including the lack of literacy, and in Cycle I it increases to 65.93% which is included in the sufficient criteria, increases by 11.11% and in Cycle II increases being 88.70% which is included in the criteria of good, when compared to the first cycle it increased by 22.77%.

 

Keywords: language creativity, storytelling method, picture media


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas berbahasa siswa PAUD melalui metode bercerita menggunakan media gambar pada kelompok A di TK IT Harapan semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa metode bercerita dengan media gambar dapat meningkatan kreativitas  pada anak kelompok A di TK IT Harapan Brebes . Hal ini dapat dilihat dari kemampuan awal keterampilan berbicara yaitu 54,82% termasuk ke dalam krtiteria kurang baik, dan pada Siklus I meningkat menjadi 65,93% yang termasuk ke dalam kriteria cukup, mengalami peningkatan sebesar 11,11% dan pada Siklus II meningkat menjadi 88,70% yang termasuk dalam kriteria baik, apabila dibanding dengan Siklus I mengalami peningkatan sebesar 22,77%.

 

Kata Kunci : kreativitas berbahasa, metode bercerita, media gambar


Keywords


language creativity, storytelling method, picture media

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arikunto, S, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi.

Delfita (2015). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Gambar Dalam Bak Pasir Di Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Mekar Sari Padang Dalam Jurnal Pesona Paud, 1(5), 1-10.

Harun Rasyid, dkk. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kasbolah, K. (1998). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang:Debdikbud.

Kumoro, I (2015). Analisis Urgensi Metode Pembelajaran Bercerita Bagi Perkembangan Empati Anak Di Tk Dharma Wanita Kendal Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Prosiding Ilmu Pendidikan. 1(2).129-131.

Komala Dewi Dan Ngurah Wiyasa (2016). Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Wayang Flanel Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksa, 4(2). 1-11.

Kurniawaty Dan Setyowati (2014). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Big Book Di Ppt Tulip Surabaya 1 Dalam Jurnal Mahasiswa Unesa, 3 (3) 1-6.

Moeslichatoen R. (2004). Metode Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

M.Rahman, M (2017). Metode Bercerita Membentuk Kepribadian Muslim Pada Anak Usia Dini Dalam Jurnal Tarbiyah Stain Kudus, 1 (1). 75-88.

Nurhayani, I (2010). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dalam Jurnal Pendidikan Uniga, 4(1), 54-59.

Partini. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Pardjono, dkk. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Pebriana, P H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa Dan Penanaman Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng Dalam Jurnal Obsesi, 1 (2). 139-147.

Purwanto, N. (2006). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran.Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Sudijono,A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yanti, Y (2013). Meningkatkan Disiplin Anak Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok A Di Tk Islam Mutiara Surabaya Dalam Jurnal Paud Teratai, 2(1). 1-8.

Wirelawati, Nk (2012). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Tk Tunas Mekar Sari Denpasar Dalam Jurnal Pendasi : Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2).




DOI: 10.24235/awlady.v5i1.3964

Article Metrics

Abstract view : 260 times
PDF - 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here