Manajemen Perang Bisnis Dalam Pemikiran Sun Tzu dan Implementasinya terhadap Manajemen Dakwah dalam Pemberdayaan Masyarakat

Syahrul Kirom(1), Muhammad Ikhsan Ghofur(2*),


(1) Aqidah dan Filsafat Islam
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

Sun Tzu's work on The Art of War inspires many world figures such as Napoleon Bonaparte in applying the art of war strategy. This study used a descriptive-analytical approach with the hermeneutic method. In this paper, the writer tried to interpret the art strategy of war into the world of business.

The results of this study indicate that the manajement of Sun Tzu's arts of war. First, the principle of knowing yourself, in this case know your enemies and yourself, how to preach and empower people to achieve the best goals. Second, regarding moral integrity in preaching and empowering the community. In preaching and empowering people, both professions and consumers, it is expected that they always prioritize the values of honesty and kindness. Third, a brave attitude, in terms of preaching and empowering the community, what is needed is the ethics of courage by being brave in making decisions in the right way. Fourth, discipline in terms of preaching and empowering the community is by always arriving on time, never doing time corruption, but always arriving and right when there is an activity with the community Fifth, welfare needs to be put forward by every preacher in empowering the community by providing services and appreciation to society, that is what is called the ethics of love which always puts forward the human aspect of society or maudhu'.

Thus, Sun Tzu's business war manajement view emphasizes human ethics. Each of the teachings of Sun Tzu's martial arts, when interpreted in preaching and community empowerment, turns out to be more concerned with the area of ethics and morality in achieving success in society.

Abstrak

Karya Sun Tzu tentang The Art of War memberikan inspirasi banyak tokoh-tokoh dunia seperti Napoleon Bonaparte dalam menerapkan strategi seni perang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-analitis. Dengan Metode Hermeneutika. Dalam tulisan ini, penulis ingin berusaha menginterpretasikan strategi seni perang ke dalam dunia bisnis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen seni perang Sun Tzu. Pertama, Prinsip mengenal diri sendiri, dalam hal ini kenalilah musuh dan diri anda sendiri, bagaimana agar dalam berdakwah dan memberdayakan masyarakat bisa mencapai tujuan yang terbaik. Kedua, mengenai integritas moral di dalam berdakwah dan memberdayakan masyarakat. Di dalam berdakwah dan memberdayakan masyarakat baik sesama profesi maupun konsumen diharapkan selalu mengedepankan nilai kejujuran dan kebaikan. Ketiga, sikap berani, dalam hal berdakwah dan memberdayakan masyarakat yang dibutuhkan adalah etika keberanian dengan jalan berani mengambil keputusan-keputusan dengan jalan yang benar. Keempat, dispilin dalam hal berdakwah dan memberdayakan masyarakat adalah dengan cara selalu datang tepat waktu, tidak pernah melakukan korupsi waktu, melainkan selalu datang dan tepat ketika ada kegiatan dengan masyarakat Kelima, kesejahteraan perlu dikedepankan oleh setiap pendakwah dalam memberdayakan masyarakat dengan cara memberikan pelayanan dan penghargaan kepada masyarakat, itu adalah apa yang disebut sebagai etika kasih yang selalu mengedepankan aspek kemanusiaan terhadap masyarakat atau maudhu’.   

Dengan demikian, pandangan manajamen perang bisnis Sun Tzu lebih menekankan pada etika kemanusiaan. Tiap-tiap ajaran seni perang Sun Tzu, ketika diintrepretasikan di dalam berdakwah dan pemberdayaan masyarakat, ternyata lebih banyak berkutat pada wilayah etika dan moralitas dalam meraih kesuksesan di masyarakat

 


Keywords


ethics, moral integrity, courage

Full Text:

PDF

References


Arnes, Rogert. The Art of War. Batam: Lucy Publisher, 2002.

Bertens, K. Etika. yogyakarta: Kanisius, 2002.

Creel, H.G. Chinese Thought from Confusius to Mao Tse-Tung. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1990.

Fawzia, Ulfa, and Baiq Wardhani. “The Identification of ‘The Art of War’ Military Strategy On Netflix’s Business Strategy.†Global Strategis 14, no. 1 (2020): 143–60.

Hunnex, D. Milton. Peta Filsafat: Pendekatan Kronologis Dan Tematis. Bandung: Penerbit Teraju, 2004.

Islam, Direktorat Penerangan Agama. Buku Penunjang Tugas Penyuluh Agama: Manajemen Dakwah (Dasar-Dasar Dakwah/Penyuluh Agama Islam). Jakarta: Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, 2011.

Kartika, Arista Fauzi. “FINANCIAL ENGINEERING: Win-Win Solution ‘Sun Tzu’ Untuk Jaminan Pada Akad Mudharabah.†Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA) 2, no. 2 (2017): 98–111.

Lang, Fu Yu. Short History of Chines Philosophy. yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Michaelson, Gerald. Kiat Sun Tzu Meraih Sukses. Batam: Karisme Press, 2008.

Suastama, Ida Bagus Radendra. “Seni Perang Sun Tzu Tentang Strategi Operasi Dikaitkan Dengan Manajemen Bisnis.†In Forum Manajemen STIMI Handayani Denpasar, 9:72–75, 2011.

Sulistiyo, Agung Budi. “Antara Seni Berperang Ala Sun Tzu, Akuntansi Dan Sustainabilitas Organisasi.†EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan) 16, no. 1 (2018): 16–31.




DOI: 10.24235/empower.v5i2.7184

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Empower : Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam

      

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.